7 Cara Melawan Rasa Tak Mampu
Liburan akhir tahun sudah lewat, dan
tahun baru sudah berjalan. Kini saatnya untuk kembali ke pekerjaan dan
aktivitas Anda sehari-hari dengan lebih produktif dan bersemangat. Tetapkan
komitmen bahwa tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya. Mari
memulai!
1. Anda
pasti bisa. Jangan
pernah menganggap diri tak mampu melakukan suatu pekerjaan, karena Anda pasti
bisa. Bagi banyak orang, tekanan justru bisa menjadi pendorong untuk bisa lebih
maju dan berkembang. Yang harus dilakukan adalah mengontrol manajemen waktu
Anda, mengatur tingkat stres, dan menghilangkan hambatan dalam pekerjaan dengan
cara Anda. Anda mampu melakukan berbagai hal dengan baik, karena itu jangan
langsung menyerah sebelum mencoba. Percaya diri dengan kemampuan Anda, dan
belajar untuk menyelesaikan semua tugas tersebut dengan baik.
2.
Tentukan target. Untuk
mencapai hasil pekerjaan yang maksimal, tentukan target yang ingin Anda capai
dalam bekerja. Namun, tentukan target yang terukur, dan sesuai kemampuan, agar
Anda mampu merealisasikannya. Hal ini termasuk target waktu, berapa lama Anda
dapat mencapai tujuan Anda. Adanya target dalam pekerjaan membuat Anda akan
sedikit memiliki tekanan, dan membuat Anda lebih serius dan lebih produktif
dalam melakukan pekerjaan.
3.
Memotivasi diri. Seringkali
zona nyaman dalam pekerjaan membuat Anda terbuai dan tidak produktif bekerja.
Motivasi dan tantangan dalam bekerja merupakan pemicu penting untuk
meningkatkan produktivitas, sehingga Anda bisa fokus untuk mencapai tujuan
pribadi maupun profesional. Banyak hal kecil di sekitar Anda yang sebenarnya bisa menginspirasi serta memotivasi Anda untuk bekerja lebih baik lagi.
4. Jangan
mencari alasan. Setiap
orang memiliki alasan mengapa mereka tidak bisa mencapai tujuan, atau memenuhi
target mereka masing-masing. Misalnya, Anda tidak bisa berkonsentrasi
menyelesaikan tugas karena banyak tukang yang sedang merenovasi ruang rapat di
kantor. Ini bukan alasan yang tepat untuk mengendurkan pekerjaan. Anda harus
berhenti mencari alasan untuk setiap kegagalan yang Anda buat sendiri. Carilah
solusi yang dapat Anda lakukan agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik, karena
Anda lah yang memegang kontrol atas diri Anda dan pekerjaan Anda.
5.
Hilangkan kata “tidak bisa” dari kamus Anda. Kata-kata “tidak mampu” atau “tidak bisa” memiliki makna
bahwa Anda secara fisik tidak bisa melakukan apapun. Namun hal ini mungkin juga
menjadi kode bahwa “saya tidak mau melakukannya” atau “ini pekerjaan yang
terlalu melelahkan”. Sebenarnya Anda harus menghilangkan kata-kata tersebut
dalam pikiran jika Anda ingin mencapai tujuan dan target Anda. Kata-kata
memiliki pengaruh yang besar bagi psikologis Anda. Ketika Anda berkata mampu
melakukan sesuatu, selalu ada solusi untuk membantu Anda mengerjakan
tugas-tugas.
6.
Berusaha yang terbaik.
Untuk medapatkan yang terbaik dan produktif dalam bekerja, Anda harus
benar-benar berkomitmen untuk bekerja lebih keras, dan mencari tahu apa yang bisa
memotivasi Anda. Berkomitmenlah untuk bersikap proaktif, berani ambil resiko,
dan menghilangkan alasan-alasan. Jika Anda tidak berkomitmen untuk membuat
perubahan, maka segala sesuatunya akan selalu tetap sama.
7. Lakukan sekarang. Jangan
terus-menerus mengulur waktu untuk memulai berbagai hal baik dalam bekerja.
Lakukan sekarang juga agar Anda semakin mudah untuk mendapatkan tujuan, dan
semakin produktif bekerja untuk meningkatkan karier.
RSS Feed
Twitter
20.05
Mas Bae

Posted in 
0 komentar:
Posting Komentar